Internet adalah jaringan yang terhubung ke seluruh dunia. Dan setiap computer yang terhubung dengan internet pasti memiliki IP Address. Dan untuk mengetahui IP Address computer kita, bisa mencarinya dengan browsing di www.indosatm2.net dan www.speedtest.net
Metode pengalamatan internet adalah  salah satu syarat untuk kita bisa terhubung ke server internet dan menikmati fasilitas internet, apa saja hal yang dibutuhkan untuk kita terhubung ke internet, dalam hal ini saya memfokuskan bahasan kepada metode pengalamatan internet dimana computer kita berfungsi sebagai alamat nya dan jaringan internet berfungsi sebagai paket yang akan kita terima atau kita kirim.
Agar tiap-tiap komputer yang terhubung dengan jaringan Internet ini dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya diperlukan suatu tata cara pengalamatan pada jaringan komputer Internet ini, yang sistemnya hampir sama dengan tata cara pengalamatan nomor telepon dimana setiap telepon mempunyai nomor telepon yang unik.
Dengan konsep dari protokol TCP/IP, setiap komputer yang terhubung pada jaringan TCP/IP, ‘secara teori’ harus mempunyai suatu alamat yang unik (tidak ada yang sama). Alamat ini dikenal sebagai Internet Protocol Number (IP Number / IP Address), sebesar 32-bit dan direpresentasikan dalam bentuk desimal dibagi menjadi 4 bagian dipisahkan oleh titik. Pada saat ini ada konsep-konsep baru yang memungkinkan satu IP dipakai oleh lebih dari satu komputer.
Contoh: 192.15.0.1
1. Host
Adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah Internet. Komputer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang  terhubung kepadanya.

2. Domain
Tata cara penamaan suatu host yang dikenal dengan istilah Domain, yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet ini. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain.
Penentuan nomor IP Address dan nama domain tidak dapat dilakukan secara sembarang , permohonan harus diajukan kepada Internet Network Information Center (InterNIC). Badan ini bukan pengelola Internet melainkan megelola pemakaian alamat IP dan nama domain.
Beberapa nama domain yang ada di Internet:
com, co            : digunakan untuk badan komersial.
contoh: yahoo.com, rcti.co.id
edu, ac             : digunakan untuk lembaga pendidikan
contoh: ucla.edu, gunadarma.ac.id
gov, go            : digunakan untuk lembaga pemerintahan
contoh: fbi.gov, bppt.go.id
net                   : untuk gateway jaringan, ISP
contoh: ibm.net
mil                   : digunakan untuk militer
contoh: af.mil
org, or              : digunakan utuk organisasi
contoh: scout.org, asean.or.id
Karena saat ini jaringan Internet sudah mencakup banyak sekali negara, maka untuk mempermudah  identifikasi lokasi host Internet ini, maka dibuat hirarki nama domain negara.
Berikut ini adalah beberapa nama domain negara:
id         : Indonesia
au        : Australia
ca         : Canada
fr         : France
my       : Malaysia
sg         : Singapura
uk        : United Kingdom , dan lain-lain

3. Addressing/ Pengalamatan (IP Address)
Setiap komputer di Internet memiliki 1 alamat yg unik (yg tdk dimiliki oleh komputer lain), alamat ini berupa alamat numerik yg disebut sebagai alamat IP Address. Alamat numerik ini dibagi dalam empat bagian yang dipisahkan oleh tanda "titik", untuk lebih jelasnya amatilah contoh    berikut :
Contoh: 192.168.222.3

• 192    menunjukkan daerah geografis
• 168    menunjukkan organisasi atau perusahaan
• 222    menunjukkan grup komputer
• 3        menunjukkan komputer yg dituju.
• Setiap paket yang dikirimkan oleh protokol berisi alamat IP komputer pengirim dan alamat IP komputer penerima. Berdasarkan alamat-alamat IP ini, alat khusus yang disebut router akan mengirimkan paket-paket ini melewati Internet sampai kepada komputer tujuan.

4.  Domain
Penggunaan IP Address ternyata tidak semudah yg dibayangkan, alamat numerik ini lebih sulit untuk dihafalkan dan digunakan. Manusia akan sulit menghafal IP address 74.125.45.100 dibanding dengan “www.google.com”. Atau IP address 69.147.114.224 dibanding dengan “www.yahoo.com”. Nah, dua alamat itu ( www.google.com & www.yahoo.com ) kita sebut domain . dan bisa kita sebut bahwa domain merupakan nama text  untuk sebuah alamat IP.

5. DNS Server
Ketika kita mengetikkan sebuah url di web browser , sebuah DNS Serverlah akan  menterjemahkan  url tersebut menjadi alamat IP dari server situs yang dituju. Dengan adanya DNS server kita tidak perlu mengetik IP 74.125.45.100 untuk menuju ke www.google.com atau IP 69.147.114.224 untuk berkunjung ke www.yahoo.com.

(sumber / ref : diamond91key.wordpress.com)

Posting Komentar

 
Top